Paru Paru Basah Menular Atau Tidak

Paru Paru Basah Menular Atau Tidak

Paru Paru Basah Menular Atau Tidak Ketahui secara lengkap bagaimana penularannya apakah anda berpotensi tertular atau tidak pada artikel berikut ini.

Anda atau orang sekitar anda terkena penyakit paru-paru basah?

Khawatir penyakit tersebut menular?

Ketahui secara lengkap di sini apakah penyakit anda menular atau tidak !!!

Paru Paru Basah Menular Atau Tidak

Meski di kalangan umum istilah paru-paru basah sangat familiar sekali namun ternyata dalam dunia medis paru-paru basah memiliki nama lain yaitu Pneumonia. Penyakit ini bisa menyerang siapa saja tak pandang usia terlebih lagi mereka yang memilki gaya hidup tak sehat atau sering berada di lingkungan dengan tingkat polusi yang tinggi.

Anda yang mengalami penyakit paru-paru basah tentu pernah mengalami kondisi atau gejala seperti berikut ini : Kesulitan bernafas, batuk, berkeringat, jantung berdebar, keular cairan atau bercak darah pada saat batuk dan mengeluarkan dahak yang banyak di pagi hari.

Penyebab dari penyakit ini juga tak hanya satu sebab saja, ada banyak hal yang bisa menyebabkan penyakit paru-paru basah, beberapa diantaranya adalah :

Bakteri

Bakteri streptococcus pneumoniane adalah penyebab utama penyakit paru-paru basah, namun ada pula bakteri jenis lain jika menyerang paru-paru dapat menimbulkan paru-paru basah juga seperti bakteri Legionella pneumophila, bakteri Chlamydophila pneumonia dan Pneumocystis jiroveci. Untuk bakteri jenis Pneumocystis jiroveci kebanyakan menyerang mereka yang terkena penyakit HIV/AIDS.

Mikroplasma

Meskipun bukan termasuk dalam golongan bakteri ataupun virus akan tetapi mikroplasma memiliki sifat antara keduanya. Mikroplasma ini merupakan organisme terkecil yang dapat menyebabkan penyakit paru-paru basah ringan yang pada umumnya menyerang anak anak serta mereka yang masih remaja.

Virus

Terdapat cukup banyak kasus infeksi yang disebabkan oleh virus pada sistem pernafasan dan belanjut ke paru-paru basah yang umumnya menyerang anak yang masih kecil serta mereka yang sudah lanjut usia. Virus flu juga mampu memperparah penderita paru-paru basah, apalagi jika terjadi pada ibu yang sedang mengandung dan mereka yang memiliki penyakit jantung.

Merokok dan minum alkohol

Bagi anda yang memiliki kebiasaan merokok terlebih lagi pecandu rokok akan berpotensi pada paru-paru basah apalagi jika sekaligus sering minum minuman keras seperti alkohol, akan menurunkan ketahanan tubuh untuk melawan serangan penyakit. Jika seperti itu tentu saja bibit penyakit seperti mikroorganisme penyebab paru-paru basah akan mudah hinggap di tubuh anda.

Penularan paru-paru basah

Paru Paru Basah Menular Atau Tidak

Penyakit ini bisa menular melalui berbagai media seperti :

Udara => upayakan agar membuka fentilasi udara pagi hari di tempat penderita paru-paru basah supaya sirkulasi udara lancar, sehingga penyakit tidak berkabung di ruangan tersebut.

Peralatan makan => Hal ini lah yang sering di spelekan banyak orang, padahal peralatan makan sangat rentan sekali menularkan penyakit paru-paru basah apalagi jika anda sering menggunakan peralatan makan yang sama dengan orang lain.

Perlengkapan mandi => Peralatan untuk membersihkan badan atau mandi sebaiknya pribadi dan jangan sampai sepakai dengan orang lain. Ini sangat beresiko menularkan penyakit jika kita tidak tau orang yang memakai peralatan sama dengan kita memiliki penyakit tertentu. Termasuk dengan paru-paru basah, virus atau bakteri dari penderita dapat menempel pada media mandi dan menular ke tubuh orang lain.

Makanan dan minuman => Istilah makan sepiring berdua dengan pasangan memang dikatakan romantis. Namun perlu anda tau hal tersebut berpotensi menularkan penyakit, untuk mengatasinya gampang sekali yaitu dengan komunikasi satu sama lain dan saling terbuka apakah pasangan anda memiliki penyakit tertentu yang berpotensi menular atau tidak. Selain itu kebersihan media makan seperti piring garpuh sendok gelas dll juga perlu di perhatikan, pastikan media makan yang anda gunakan selalu bersih sebelum anda gunakan.

Pakaian => Pakaian yang digunakan penderita paru-paru basah sebaiknya harus langsung di cuci sampai bersih setelah digunakan, jangan di tumpuk atau di tunda-tunda mencucinya karena bisa berpotensi membawa bibit penyakit paru-paru basah dan menularkannya.

Setelah baca-baca penularan penyakit paru-paru basah di atas sudah tentu anda tau cara menanggulanginya supaya tidak tertular penyakit tersebut. Sekian sajian informasi yang dapat saya sampaikan semoga anda terbantu.

Baca Juga : Susu Untuk Syaraf Kejepit

Post By. Obat Tahan Lama Tradisional

Paru Paru Basah Menular Atau TidakParu Paru Basah Menular Atau Tidak

Paru Paru Basah Menular Atau Tidak

Paru Paru Basah Menular Atau Tidak

Paru Paru Basah Menular Atau Tidak

Paru Paru Basah Menular Atau Tidak

Paru Paru Basah Menular Atau Tidak

Paru Paru Basah Menular Atau Tidak

One comment

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *